SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
Alokasi Waktu : 76 jam (10 jam untuk UH dan Mid Sem)
Kompetensi dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/
bahan/alat
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
teori asam basa Menjelaskan pengertian asam basa Arrhenius, Bronsted dan Lowry serta asam basa Lewis melalui diskusi kelas.
Berlatih menentukan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
Jenis tagihan
- tugas kelompok
- ulangan
• Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap), - laporan tertulis,
- tes tertulis
4 jam Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
- bahan/alat
untuk
percobaan
sifat larutan asam dan basa.
derajat Keasaman (pH)
derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa
aplikasi konsep pH dalam pencemaran
Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai indikator (indikator alam dan indikator kimia) melalui kerja kelompok di laboratorium.
Menyimpulkan sifat asam atau basa dari suatu larutan.
Merancang dan melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa melalui kerja kelompok laboratorium.
Menyimpulkan trayek perubahan warna larutan asam dan basa.
Melalui diskusi kelas menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan larutan basa yang konsentrasinya sama, menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan () dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa ( Kb)
Menghitung pH dan derajat ionisasi larutan dari data konsentrasinya
Meneliti dan menghitung pH air sungai di sekitar sekolah/rumah dalam kerja kelompok (bagi daerah-daerah yang memiliki industri dapat mengukur pH limbah buangannya sebagai bahan penelitian) Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.
Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan larutan basa yang konsentrasinya sama
Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan ( ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)
Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.
Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan. 16 jam
Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
- bahan/alat
untuk
percobaan
4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa. Stoikiometri larutan
titrasi asam dan basa Merancang dan melakukan percobaan titrasi untuk menentukan konsentrasi asam atau basa.
Menyimpulkan hasil percobaan.
Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan kadar suatu zat dengan cara titrasi melalui kerja kelompok di laboratorium.
Menghitung kadar zat dari data percobaan.
Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi
Menentukan kadar zat melalui titrasi.
Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa
Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi
Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan. 12 jam Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
- bahan/alat
untuk
percobaan
4.3 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.
larutan penyangga
pH larutan penyangga
fungsi larutan penyangga Merancang dan melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui kerja kelompok di laboratorium.
Menyimpulkan sifat larutan penyangga dan bukan penyangga.
Menghitung pH atau pOH larutan penyangga melalui diskusi.
Melalui diskusi kelas menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk nidup Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
Menghitung pH atau pOH larutan penyangga
Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan pengenceran
Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup Jenis tagihan
- tugas kelompok
- ulangan
Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap)
- laporan tertulis
Tes tertulis 12 jam
4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut. hidrolisis garam
sifat garam yang terhidrolisis
pH larutan garam yang terhidrolisis Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui kerja kelompok di laboratorium
Menyimpulkan ciri-ciri garam yang terhidrolisis dalam air.
Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis melalui diskusi kelas. Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan
Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi
Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- responsi
- ulangan
Bentuk instrumen
- performans (kinerja
dan sikap)
- laporan tertulis
- tes tertulis 12 jam Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
- bahan/alat
untuk
percobaan
4.5 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis grafik titrasi asam dan basa Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis melalui diskusi. Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis. 8 jam Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan.
kelarutan dan hasil kali kelarutan Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut melalui diskusi kelas.
Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut melalui diskusi kelas
Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan kelarutan garam dan membandingkannya dengan hasil kali kelarutan
Menyimpulkan kelarutan suatu garam. Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut
Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan atau pengendapannya
Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air
Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya
Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan
Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya
Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- ulangan
Bentuk instrumen
- performans (kinerja dan sikap), - laporan tertulis
- tes tertulis 12 jam Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
- bahan/alat
untuk
percobaan
SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu : 16 jam (2 jam untuk UH)
Kompetensi dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/
bahan/alat
5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.
• pembuatan koloid (cara kondensasi, dispersi, peptisasi) • Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium. Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
Jenis tagihan
- tugas kelompok
- ulangan
Bentuk instrumen
- performans
(kinerja dan sikap)
- laporan tertulis
- tes tertulis
6 jam Sumber
- buku kimia
Bahan
- lembar kerja
- bahan/alat
untuk
percobaan
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
sistem koloid
sifat-sifat koloid
peranan koloid dalam kehidupan Melakukan percobaan pengelompokkan berbagai sistem koloid.
Melalui diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan jenis dan sifat koloid dari data percobaan.
Melakukan percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok.
Mengidentifikasi peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi dan membuatnya dalam bentuk tabel (daftar) secara individu di rumah. Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
Menjelaskan koloid liofob dan liofil
Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi 10 jam Sumber
- buku kimia
- Internet
Bahan
- lembar kerja - brosur
- media
Elektronik
- LCD
- komputer
Semarang, 3 September 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar